Tips Membuat konsep content online bagian satu

[postlink]http://solusiti.blogspot.com/2009/11/tips-membuat-konsep-content-online.html[/postlink]Hari ini saya mencoba menulis sedikit yang saya ketahui tentang membuat produk / content online yang baik. Melihat perkembangan dunia internet saat ini yang semakin marak akan produk content online seperti Facebook, twitter, atau blog, membuat setiap kita menjadi kadang-kadang harus selalu online. Ini disertai dengan makin mudahnya mendapatkan layanan internet, dan tentu saja harga berlangganan juga sudah semakin terjangkau. Internet sudah tidak menjadi barang yang mahal lagi, dari setiap kalangan, baik itu muda sampai tua bisa online dengan mudah.

Di tulisan bagian pertama ini saya mencoba menulis tentang cara membuat atau konsep content/produk online yang menurut saya baik. Dalam waktu kedepan saya akan membuat videonya agar bisa lebih mudah diterima.

A. Buatlah sesuatu yang berbeda!
Jika ingin dilihat atau menyedot perhatian public, kita harus membuat sesuatu yang berbeda dan patut menjadi bahan pembicaraan orang banyak. Tentu saja dengan arti positif, memang sangat sulit, tapi bukan tidak mungkin dilakukan. Atau kita bisa melakukan pengembangan fitur-fitur unggulan dari produk content yang sudah ada. Bukan meniru tapi mengembangkan, Facebook bukanlah pemain pertama di tema social network, sebelum nya sudah ada MySpace, nah Facebook memberikan fitur yang lebih interaktif dari pada MySpace dan ternyata berhasil. Begitu juga dengan Twitter, jadi jangan takut untuk mengeksplore produk yang sudah ada dan mengembangan yang lebih baik, tapi saya tekankan disini janganlah menjiplak atau meniru!

B. No one care about you!
Itulah fakta yang menarik untuk disimak bagi kita yang hendak membuat produk content online. Semua user di internet tidak pernah perduli tentang apa yang kita inginkan, tapi mereka semua lebih memikirkan tentang apa yang mereka cari dan mereka mau di internet. Its all about me, and me and me! Tempatkan diri
kita di sisi user, coba pikirkan kira-kira yang menarik dan patut diikuti di internet itu apa. Jadi jika membuat produk content pikirkanlah apa yang menarik bagi user dan tidak sebaliknya.

C. Target Market
Sebelum membuat produk atau content online yang pertama kita lakukan adalah mengenal target market yang hendak kita tuju. Lebih bagus lagi jika sudah memiliki captive market, karena sebelum produk Kita di luncurkan ke public, kita bisa melakukan serangkaian test tentang produk tersebut terlebih dahulu terhadap captive market dan berharap adanya feedback yang membangun dari mereka.

D. Free to use
Untuk mejaring user sebanyak-banyaknya saya sarankan untuk memberikan akses gratis kepada siapapun untuk menikmati fitur dari layanan content kita. Tentu saja ini semua bisa berjalan lancar apabila ada dana yang cukup untuk menunjang kita untuk eksis cukup lama sampai bisa meraih profit . Facebook dan Twitter tidak bisa sebesar sekarang apabila mereka mencharge setiap usernya untuk menggunakan layanannya. Baik Facebook dan Twitter mendapatkan income dari pihak ketiga atau dari Pengiklan. Kalau tidak memiliki dana yang cukup mungkin kita bisa membuat system premium dan free account, jadi untuk user yang hendak menikmati fitur-fitur tertentu harus memiliki account khusus atau berbayar.

Demikian konsep tentang membuat content online di internet, saya akan melanjutkan kepembahasan lebih lanjut atau bagian kedua di waktu dekat ini. Dengan keterbatasan ilmu yang saya miliki, sebelumnya saya mohon maaf karena isi artikel ini bukan bermaksud menggurui siapapun, dan saya sangat terbuka akan kritik atau saran apabila ada wacana dari artikel ini yang rekan-rekan merasa kurang benar.



Wassalam








Jay



Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar