Challenging the giants

[postlink]https://solusiti.blogspot.com/2010/05/challenging-giants.html[/postlink]Jika Anda adalah salah satu dari perusahaan besar swasta atau BUMN memang tidak perlu menganggap penting tentang artikel ini, karena Andalah yang kini sedang menguasai sebagian pasar, dan Andalah yang menuntut keseragaman bagi pesaing yang ada.

Begitu banyak perusahaan yang ingin menjadi Telkom “wanna be” atau Indosat “wanna be” tanpa sadar bahwa yang mereka jual adalah sama dengan para pemain besar tersebut jadi, apakah gunanya persaingan yang ada? Tidak ada salahnya berada di segmen yang sama, tapi jika ingin menyaingin beberapa raksasa diatas adalah sia sia, karena apa? Anda tidak memiliki resources untuk menjadi yang terbaik. Dunia hanya mengakui yang terbaik, jika kita hendak mencari sebuah tempat makan yang enak, tentu saja kita akan memilih yang paling ramai pengunjung atau yang terbaik, tidak akan ada waktu untuk gambling mencoba tempat yang baru.

Salah satu kelemahan dari para Giant diatas adalah mereka takut untuk melakukan inovasi atau kreatifitas yang berbeda, mereka sudah terlalu “pandai” di bisnis yang ada, adalah sebuah resiko yang besar jika ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Saya percaya para pemimpin baru akan lahir dari para pemain baru, karena mereka tidak takut mengambil resiko, They have nothing to loose.

Pengalaman adalah bukan jurang yang lebar untuk dilalui, janganlah terlalu takut dengan pengalaman segudang yang dimiliki pesaing yang ada, karena banyak bukti sejarah yang mengalahkan mitos yang ada. Microsoft, Google lahir dari para pemuda tanpa pengalaman. Melakukan sesuatu yang berbeda tidak berarti Anda harus membuat layanan atau produk menjadi 10 % lebih murah atau lebih baik, itu memang penting tapi juga akan sia sia. Saya mengatakan Anda -untuk menekan tombol “reset” itu, melakukan sesuatu yang baru. Yah benar-benar baru, tak perduli bisnis apa yang Anda geluti sekarang, telekomunikasi, hardware, atau sebuah toko kecil-kecilan.

Hal yang kreatif dan berbeda dari yang sudah ada membuat Anda terlihat di kerumunan, menciptakan pakem atau trend yang baru bukanlah hal yang sulit. “Think different” adalah jargon yang saya pinjam dari Apple, karena mereka memang mendobrak trend yang ada. Dunia Personnal Computer yang kaku dan membosankan menjadi lebih berwarna karena hadirnya produk Apple. Sekali lagi hal ini hanya bisa dilakukan oleh para pemain kecil, ini kesempatan Anda! Lakukan sekarang karena pasar menanti Anda untuk mematahkan keseragaman ini.

Have a nice day




Jay
Bagikan


0 komentar:

Posting Komentar