Facebook atau twitter?

[postlink]https://solusiti.blogspot.com/2010/09/facebook-atau-twitter.html[/postlink]Are you on facebook? Do you twitter? Ya kalau anda masih tinggal dibawah batu mungkin tidak akan mengenal apa itu facebook atau twitter. Dari anak sd sampai perusahaan sebesar Cocacola pun menggunakan social media online ini untuk memenuhi kepentingannya masing-masing. Apakah salah? Tentu tidak malahan ini semua telah menjadi sebuah fenomena menarik untuk disimak. Namun sampai kapan fenomena ini akan terus bertahan?

Manusia pada dasarnya adalah mahluk yang sangat butuh perhatian, berinteraksi adalah sebuah kebutuhan. Maka tidak heran jika penemu atau pencipta media atau alat yang bisa menfasilitasi kebutuhan ini pasti akan sukses besar. Dari surat menyurat ala sahabat pena, lalu chatting, forum online, sms, sampai masuk ke jamannya social media. Andai kita bisa kepikiran apakah yang selanjutnya sesudah social media online ini tentu jalan untuk menjadi seorang milyarder baru bukanlah impian.

Sebenarnya ada tiga pilihan bagi anda seorang techentrepreneur, pertama tama ikut-ikutan membuat social media online dengan tema baru (seperti koprol dari indonesia), kedua membuat sebuah produk baru yang bukan social media online namun bisa memenuhi kebutuhan tadi di atas. Atau yang terahir menyerah dan membuat bisnis yang memanfaatkan social media untuk sarana promosi untuk menjaring pelanggan. Anda bebas memilih ketiga opsi diatas, yah dikira-kira saja anda yang sanggup yang mana hehehe.. Just kidding kok, namun saran saya apabila anda bukanlah seorang visioner seperti steve jobs (btw jobs sendiri ga kepikiran untuk menemukan facebook atau twitter), dari pada capek-capek dan jadi stress sendiri lebih baik memilih opsi ketiga.

Karena social media kini sudah begitu powerfull dan bergeser fungsinya ke arah komersil. Jika anda tau trik dan tips nya bagaimana menggunakan social media online untuk menggerakkan roda bisnis mungkin pandangan tentang facebook atau twitter hanya sebagai tempat curhat, narsis atau update status akan berubah. (Mengenai tips dan trik nya akan saya bahas khusus dilain waktu sabar yaah ;)).

Sampai kapan layanan social media akan terus menjadi hype saya tidak tahu persis, bahkan google sang perkasa pun bukannya menentang tren ini malahan ikut-ikutan bikin layanan serupa, sayangnya gagal. Ohhh nasibmu mbah google...hehe.. Tapi selagi ini semua membawa hal positif sebaiknya ya diikuti saja, namun tetap saja dengan bijaksana. Saya memilih mengamati fenomena ini dari jauh (sok keren) karena saya bukanlah seorang visionaris seperti gates or jobs tadi, sambil menunggu penemuan baru yang bisa membuat facebook or twitter menjadi seperti layanan surat-suratan sahabat pena (btw kalau anda ada ide untuk itu ajak-ajak saya ya? :D).

So do you on facebook or do you twitter? Yes of course!

Have a nice day folks!



Jijay
Bagikan


0 komentar:

Posting Komentar