Etiket bertukar kartu nama

[postlink]https://solusiti.blogspot.com/2009/11/etiket-bertukar-kartu-nama.html[/postlink]Hari ini saya ingin share sedikit yang saya ketahui tentang etiket atau cara bertukar kartu nama dan menyimpannya yang sesuai dengan international business protocol. Bagi kita yang dari timur patut berbangga karena kini sikap santun yang sering dilakukan di kehidupan sehari-hari kita sudah mulai diadaptasi oleh kalangan profesional dalam bertukar kartu nama.

1. Selalu berikan kartu nama dengan tangan kanan, atau kedua tangan.
Saya sarankan memberikan kartu nama Anda dengan kedua tangan karena itu mewakili sikap hormat yang baik kepada si penerima.


2. Selalu menerima kartu nama dengan cara yg sama seperti saat memberi.

Jadi kalau Anda memberi dengan kartu nama dengan tangan, terimalah kartu nama dengan tangan kanan juga, begitu sebaliknya jika memberi dengan kedua tangan.

3. Beri perhatian kepada kartu nama yang kita terima.
Jadi saat kita menerima kartu nama, sebaiknya jangan langsung kita simpan, namun bacalah yg tertera didalamnya, beri sedikit komentar, dan tentu saja ini merupakan kesempatan baik untuk menghapal nama lawan bicara Anda.

4. Jangan mencatat diatas kartu nama
Apabila si pemberi kartu nama meminta Anda untuk mengirimkan email atau, sedikit ada koreksi nomor tlpnya. Janganlah melakukan catatan tersebut diatas kartu namanya, apalagi kalau masih saat bertemu, karena ini sama saja seperti mencoret wajah si empunya kartu nama. Jadi jika diperlukan lebih baik mencatat di notebook atau dibuku yang Anda miliki.

5. Jangan menyimpan kartu nama di dompet
Hal yang perlu juga diperhatikan adalah (apalagi bagi kita kaum pria) saat kita menerima kartu nama, jangan menyimpannya didompet belakang celana. Karena saat kita masih meeting atau dengan client tersebut itu sama saja menduduki wajah si pemilik kartu nama.

6. Simpanlah kartu nama di tempat yg terpisah
Saat menyimpang kartu nama sebaiknya di tempat khusus kartu nama, dan tempatkan di saku baju atau di tas yang Anda bawa. Janganlah meminta kartu nama ulang kepada orang lain dengan alasan hilang, jaga baik-baik kartu nama tersebut di name card holder atau simpanlah data client file komputer.

Demikianlah tips singkat tentang cara bertukar kartu nama dalam berbisnis maupun pertemuan resmi lainnya yang saya ketahui, semoga bisa berguna.

Wassalam







Jay


Bagikan

0 komentar:

Posting Komentar