Powerfull weapon on the net

[postlink]https://solusiti.blogspot.com/2010/08/powerfull-weapon-on-net.html[/postlink]Saya bukan ingin membahas mengenai virus baru di internet, itu mungkin ada waktunya tersendiri. Tapi saya ingin membahas tentang tren penggunaan social media online yang saat ini dialami oleh semua kalangan dari tua sampai muda, wiraswasta kecil sampai perusahaan berskala besar.

Mengapa saya sebut weapon atau senjata? Karena seperti senjata, social media ditangan pengguna yang bertujuan benar maka akan menjadi sangat powerfull, baik itu untuk keperluan komersil maupun hanya menjalin pertemanan atau relasi, dan di tangan yang salah, social media bisa menjadi alat bagi mereka yang tidak bertanggung jawab. Maka tidak heran kini marak kejadian penculikan atau penipuan dengan memanfaatkan social media online.

Powerfull
Lupakan investasi besar dalam melakukan promosi yang efektif, karena saat ini semuanya telah menjadi mudah. Dengan berbagai macam tools yang di sediakan cuma-cuma di internet maka seorang intrepreneur pemula bisa langsung memulai usahanya secara online. Saya fokuskan di sini bentuk usaha di internet, kenapa demikian? Karena di internet jangkauan usaha akan lebih luas, sarana promosi lebih bervariatif dan tentu saja hemat biaya. Sebuah toko di dunia nyata hanya akan menjangkau pelanggan yang ada daerah sekitarnya, tapi sebuah toko online dengan manajerial yang baik, bisa menjangkau seluruh dunia.

Walaupun masih banyak orang yang meremehkan social media sebagai alat untuk promosi yang efektif namun suka atau tidak fakta sama sekali tidak demikian. Dengan lebih dari 100 ribu user online setiap harinya membuat Facebook menjadi magnet yang menarik bagi banyak perusahaan besar untuk ikut berpromosi disana. Ini akan menjadi sebuah referensi bagi Anda yang ingin merintis usahanya melalui promosi gratis secara online. Baik itu dengan facebook, twitter, youtube, myspace, blog, semua bisa dipilih sesuai dengan keperluan promosi yang diinginkan.

Warning
Ada beberapa tips yang akan saya berikan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dalam menggunakan social media khususnya facebook. Mungkin sebagian besar dari pengalaman pribadi, apabila kurang lengkap dan ada yang ingin menambahkan,
saya persilahkan.

  • Berikan private setting bagi foto Anda di facebook, jadi hanya user yang sudah terdaftar sebagai teman saja yang bisa mengaksesnya, ini bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan sederhana di account setting. Ini bisa mencegah niat orang-orang iseng yang tak bertanggung jawab untuk melihat foto pribadi Anda
  • Hati-hati apabila ada yang menambahkan diri sebagai teman, apalagi itu dilakukan dengan menggunakan friend finder tools yang ada di facebook, nasihat saya abaikan saja.
  • Jangan menyimpan data pribadi di info facebook, data seperti nomor ponsel atau nomor telephon sangat tidak saya sarankan ada di facebook kecuali untuk Anda menggunakan facebook untuk keperluan komersial.
  • Cute picture? Dont be so sure, bagi yang tertarik dengan siapapun di facebook dengan profile seseorang yang Anda pikir cute, lupakan saja. Ini internet walaupun semuanya tampak hebat namun kenyatan belum tentu demikian.
  • Beginner user please becarefull, apabila Anda memiliki teman atau kerabat yang ingin mencoba menggunakan social media seperti facebook, harap diberikan nasihat untuk tidak gampang percaya terhadap apa yang ada di facebook. Karena kejadian penipuan dan lain lain sering terjadi pada pengguna pemula.
  • Dan yang terahir, apabila ada melihat profile seseorang yang tidak Anda kenal menampilkan informasi data pribadi seperti nomor ponsel dan lain-lain, secute atau seganteng apapun orang tersebut bagi Anda, lebih baik abaikan saja. Karena bagaimanapun juga seseorang tidak akan menempatkan informasi pribadi seperti data tersebut yang open ke public tanpa niat atau maksud tersembunyi.

Dengan demikian banyak warning yang ada, tidak harus membuat Anda menjadi ragu-ragu menggunakan social media, dengan mengedepankan sikap hati-hati dan bijaksana social media adalah tools yang sangat berguna bagi berbagai keperluan. Masih ingat Shinta dan Jojo? Sekali lagi ini berkat peranan social media dan internet, so are you ready to use this weapeon?

Have a nice day




Jay
Bagikan


0 komentar:

Posting Komentar